Indonesian English

Product Certification Bodies

SNI ISO/IEC 17065:2012 Penilaian kesesuaian – Persyaratan untuk lembaga sertifikasi produk, proses dan jasa

 

Produk

Sertifikasi Produk merupakan penetapan dari pihak ketiga bahwa suatu produk telah memenuhi standar. Kegiatan tersebut dilakukan melalui sistem penilaian kesesuaian. Pihak ketiga yang menyatakan kesesuaian produk dengan standar tersebut harus memiliki kompetensi untuk melakukan sertifikasi produk dengan menerapkan SNI ISO/IEC 17065:2012 Penilaian Kesesuaian – Persyaratan Akreditasi Lembaga Sertifikasi Produk, Barang dan Jasa dan SNI ISO/IEC 17067:2013 Penilaian Kesesuaian – Fundamental Sertifikasi Produk dan Panduan Skema Sertifikasi Produk.

Organik

KAN menawarkan skema akreditasi untuk LPK melakukan sertifikasi pangan didasarkan pada SNI ISO/IEC 17065:2012 Penilaian Kesesuaian – Persyaratan Akreditasi Lembaga Sertifikasi Produk, Barang dan Jasa, Federasi Internasional Gerakan Organik (IFOAM) Accreditation kriteria untuk program sertifikasi dan Permentan No. 64 tahun 2013 Sistem Pertanian Organik.

Skema sertifikasi organik menunjukkan bahwa bentuk makanan yang aman dan bebas  dari residu pestisida, hormon sintetis  dan Genetically Modified Organism (GMO). Skema sertifikasi ini diperlukan untuk mendukung lingkungan yang berkelanjutan dan hidup sehat untuk memberikan jaminan bahwa semua tahap awal dengan produksi. pemrosesan, penyimpanan, transportasi, dan distribusi dapat diperiksa dan memenuhi aturan yang sesuai sistem produksi makanan organik.

 

Verifikasi legalitas kayu

Verifikasi legalitas kayu dimaksudkan untuk menjamin bahwa kayu yang beredar adalah legal. Verifikasi legalitas kayu merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia No: P.30/Menlhk/Setjen/PHPL.3/3/2016 tentang Penilaian Kinerja Pengelolaan Hutan Produksi Lestari dan Verifikasi Legalitas Kayu pada Pemegang Izin, Hak Pengelolaan, atau pada Hutan Hak.

Sesuai dengan peraturan tersebut, lembaga yang melakukan verifikasi legalitas kayu harus diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional. Akreditasi terhadap lembaga tersebut berdasarkan pada kompetensinya dalam melakukan verifikasi legalitas kayu dengan menerapkan SNI ISO/IEC 17065:2012 dan peraturan tersebut di atas.

Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.