Indonesian English

 

Persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium kalibrasi

 

KAN juga memberikan akreditasi untuk untuk Laboratorium Kalibrasi  (selanjutnya setelah disebut LK). Laboratorium Kalibrasi ini dapat memenuhi persyaratan dalam SNI ISO / IEC 17025:2008 ‘Persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi’ yang merupakan adopsi identik dari ISO/IEC 17025:2005 ‘General requirements for the competence of testing and calibration laboratories.

Kalibrasi adalah kegiatan yang dalam kondisi tertentu, pada tahap pertama, menetapkan hubungan antara nilai besaran dan ketidakpastian pengukuran yang diberikan oleh standar pengukuran dan penunjukan terkait dengan ketidakpastian pengukurannya, dan pada tahap kedua, menggunakan informasi ini untuk menetapkan sebuah hubungan untuk memperoleh hasil pengukuran berdasarkan suatu penunjukan.

Kalibrasi diperlukan untuk memastikan kesetaraan hasil pengukuran yang dilakukan oleh berbagai pihak yang berkepentingan. Kesetaraan hasil pengukuran oleh berbagai pihak ini merupakan pra-syarat sehingga pengakuan terhadap hasil-hasil penilaian kesesuaian dapat diterima dengan baik.

 

Persyaratan Akreditasi Laboratorium Kalibrasi

  1. ISO/IEC 17025:2008 'General requirements for the competence of testing and calibration laboratories'.
  2. KAN XX and KAN TN-XX
  3. Related APLAC & ILAC Mandatory Documents

 

Formulir Permohonan Akreditasi Laboratorium Kalibrasi

Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.