Indonesian English

Dalam rangka Hari Akreditasi Dunia Tahun 2021 yang diperingati di seluruh dunia, Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada tanggal 9 Juni 2021 menyelenggarakan kegiatan webinar “Peran Akreditasi dalam Mendukung Penanganan Perubahan Iklim” yang diselaraskan dengan tema Hari Akreditasi Dunia “Accreditation Supporting The Implementation of The SDGs”. Kegiatan ini dihadiri oleh ± 1.000 peserta yang mewakili seluruh stakeholder standardisasi dan penilaian kesesuaian yang terdiri dari pelaku usaha, asosiasi, perwakilan pemerintah, lembaga penilaian kesesuaian (lembaga sertifikasi, lembaga inspeksi, dan laboratorium), anggota Konsil KAN, asesor, dan panitia teknis melalui media zoom webinar serta siaran langsung melalui kanal youtube Komite Akreditasi Nasional.

 

Acara dibuka oleh Kukuh S. Achmad, Kepala Badan Standardisasi Nasional selaku Ketua Komite Akreditasi Nasional. Beliau menyampaikan perihal peran akreditasi dalam mendukung penanganan perubahan iklim yang akan berkontribusi terhadap penanganan perubahan iklim secara global. Beliau juga menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini ada 32 (tiga puluh dua) skema akreditasi yang dioperasikan oleh Komite Akreditasi Nasional dimana beberapa skema diantaranya berkontribusi terhadap penanganan perubahan iklim di Indonesia seperti skema SNI ISO/IEC 17025 (Laboratorium Penguji), SNI ISO 14065 (Gas Rumah Kaca; ICAO Corsia), SNI ISO/IEC 17065 (Pengelolaan Hutan Produksi Lestari; Verifikasi Legalitas Kayu; Ekolabel; ISPO), dan SNI ISO/IEC 17021 (Sistem Manajemen Lingkungan; Sistem Manajemen Energi).

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel yang dimoderatori oleh Donny Purnomo JE, Deputi Bidang Akreditasi Badan Standardisasi Nasional selaku Sekretaris Jenderal Komite Akreditasi Nasional, dan menghadirkan 3 (tiga) orang pembicara. Yang pertama yaitu Dr. Ir. Musdhalifah Machmud, M.T, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Beliau menyampaikan komitmen Indonesia dalam upaya pengendalian iklim global dalam sektor perkebunan. Pembicara kedua yaitu Ir. Laksmi Dhewanthi, M.A, Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Beliau menyampaikan perihal kebijakan nasional mitigasi perubahan iklim. Pembicara ketiga yaitu Fikri Mohammad Hakim, S.Kom, M.IS, Senior Manager Occupational Safety, Health and Environment PT Garuda Indonesia (Persero). Beliau menyampaikan perihal Penanganan Perubahan Iklim pada Sektor Penerbangan. #WAD2021

 

 

Untuk bisa menyaksikan secara streaming kegiatan Webinar World Accreditation Day 2021 yang diselenggarakan oleh KAN, dapat mengklik link dibawah ini:

STREAMING WAD 2021

Berita

KAN Selenggarakan Sosialisasi Kebijakan Akreditasi Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi

Dalam ranga meningkatkan pelayanan proses akreditasi dan menyosialisasikan perkembangan kebijakan akreditasi Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi, Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan Akreditasi untuk Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (9/9/2021) secara daring. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi kegiatan yaitu sesi pertama sosialisasi terkait kebijakan transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan kegiatan proses akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) dan sesi kedua terkait Decision Rule berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2017.

Selengkapnya...
KAN Selenggarakan Pelatihan Prinsip Dasar Biosafety dan Biosecurity

Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan pelatihan terkait prinsip dasar Biosafety dan Biosecurity. Kegiatan pelatihan ini terbagi menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu batch pertama dilaksanakan pada tanggal 30-31 Agustus 2021, batch kedua dilaksanakan pada tanggal tanggal 6-7 September 2021 dan batch ketiga dilaksanakan pada tanggal 8 September 2021. Kegiatan ini diikuti oleh Asesor KAN, Sekretariat KAN dan Laboratorium Medik terakreditasi KAN.

Selengkapnya...
KAN Melaunching Layanan Digital KANIA Dalam Rangka Bangga Melayani Bangsa

Dalam rangka meningkatkan pelayanan berbasis elektronik serta mendukung program reformasi birokrasi, Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) melaksanakan kegiatan launching layanan digital chatbot yang disebut dengan KANIA secara daring pada Rabu (18/08/2021). Pertemuan ini mengundang seluruh Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK), asesor KAN, dan anggota KAN Konsil. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Band Letto.

Selengkapnya...
Surat Informasi Penjelasan SNI ISO/PAS 45005

 

Diterbitkan pada Desember 2020, ISO/PAS 45005:2020 - Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja - Pedoman Umum K3 untuk Bekerja Selama Pandemi COVID-19, disusun sebagai tanggapan atas urgensi situasi dan kebutuhan mendesak pada kebutuhan panduan tersebut. Standar tersebut diadopsi menjadi SNI ISO/PAS 45005:2020.  SNI ISO/PAS 45005:2020 tidak dapat menjadi kriteria dasar persyaratan sertifikasi yang berdiri sendiri tanpa SNI ISO 45001:2018. 

Selengkapnya...
KAN Selenggarakan Pertemuan Teknis Laboratorium Kalibrasi Tahun 2021

Dalam rangka menyosialisasikan perkembangan terkini kebijakan akreditasi dan metode kalibrasi, Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan Pertemuan Teknis Laboratorium Kalibrasi Tahun 2021 secara daring pada Selasa (27/7/2021). Pertemuan ini mengundang seluruh laboratorium kalibrasi terakreditasi KAN yang ada di Indonesia.

Selengkapnya...
Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.