Indonesian English

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan acara Temu Nasional Lembaga Penilaian Kesesuaian, pada Kamis (28/03/2019), di Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan perkembangan terkini di bidang akreditasi, terutama berkaitan dengan adanya perubahan standar internasional yang mengatur pengoperasian badan akreditasi ISO/IEC 17011:2017. Acara dihadiri oleh 1470 LPK yang terdiri atas 1047 laboratorium penguji, 165 laboratorium kalibrasi, 28 laboratorium medik (klinik), 46 lembaga inspeksi, 6 penyelenggara uji profisiensi, dan 178 lembaga sertifikasi.

Kepala BSN selaku Ketua KAN, Bambang Prasetya dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya standardisasi dan akreditasi dalam rangka mengantisipasi dinamika di ranah standar internasional ISO/IEC 17011:2017, dan bagaimana meningkatkan daya saing industri Indonesia. Kehadiran LPK sangat penting untuk menjaga daya saing, sesuai moto one certificate accepted everywhere atau Satu Sertifikat diterima dimana-mana untuk mendukung ekspor Indonesia. Kedepannya, dengan adanya peningkatan penerapan standar diharapkan kegiatan industri Indonesia bisa surplus secara nasional sehingga bisa membuka banyak lapangan pekerjaan terutama menyongsong era masyarakat 5.0.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal KAN, Kukuh S. Achmad memaparkan mengenai perkembangan akreditasi KAN. “Saat ini, berdasarkan data hingga akhir tahun 2018, KAN telah memberikan akreditasi kepada 2019 LPK,” ujar Kukuh.  Ia pun menegaskan kepada para peserta bahwa forum ini ditujukan untuk meningkatkan komitmen mengenai pentingnya peranan LPK yang diakreditasi oleh KAN dalam memperkuat posisi Indonesia dalam menghadapi era pasar bebas.

Acara diisi dengan Sosialisasi kebijakan KAN U-01 terkait Syarat dan Aturan Akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian yang disampaikan oleh Direktur Akreditasi Laboratorium Badan Standardisasi Nasional, Fajarina Budiantari. Huruf “U” disini memiliki arti yaitu “Umum” yang mana persyaratan ini berlaku untuk segala jenis LPK.

elanjutnya, Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi, Donny Purnomo menyampaikan pemaparan terkait kebijakan KAN U-02 (Kategori Temuan); KAN U-03 (Penggunaan simbol akreditasi KAN) dan KAN U-04 (Kebijakan Penggunaan Tanda Gabungan IAF MLA - ILAC MRA). 

  

Mengakhiri rangkaian acara, peserta berkesempatan untuk melakukan tanya jawab secara real time. Semoga acara ini bisa membawa banyak manfaat khususnya bagi penyelenggaraan perkembangan akreditasi yang menjadikan produk dan jasa Indonesia semakin berdaya saing global. (Pja).

ow to download YouTube Video MP3, MP4 Online Free YouTube MP3 Converter If you're a music collector, if you want to edit a home video without music material or make a ringtone, you definitely need a lot of MP3 sources. 320kbps is the best MP3 bit rate quality. SaveMP3 YouTube Converter provides a Free Online YouTube conversion service that helps you download 320 kbps MP3 songs, music, sound effects and background music from various sharing sites. YouTube Converter supports more than 1,000 streaming sites such as YouTube, Facebook, Instagram, Vimeo, SoundCloud, FreeSound, MixCloud, Dailymotion, VEVO, bilibili, niconico, Lynda, Netflix and more. In addition to MP3 conversion, our converter can convert MP4 format, even HD 720p, 1080p video. Give you a high-quality audio and video experience. YouTube to Mp3 Converter 1st. Step: copy the Video link from your browser. Step 2: use the URL www.youtube3mp3.org/youtube/ paste it into the search box. Step 3: Click "Download now" to start converting the video to 320 kbps MP3 for free soon. Select other formats after downloading the process, SaveMP3 supports various resolutions as well as audio and video formats. Another simple way to download YouTube Video and audio to MP4, MP3 The built-in YouTube browser lets you search for video names, music albums, song names, singers, online courses and more directly in the SaveMP3 search box. Get a quick list of YouTube without copying and pasting YouTube link, One Click to convert YouTube to MP3, MP4 format. Note: www.youtube3mp3.org/youtube/, respects the rights of the owner and prevents users from using audio for anything that violates copyright protection terms and conditions. savemp3.cc, recommends that you legally download the audio in accordance with the relevant recording and conditions.

Berita

Pendaftaran Pelatihan Asesor Laboratorium Pengujian KAN

Dalam rangka pengembangan sumber daya asesor KAN yang kompeten, KAN membuka kesempatan bagi yang berminat dan berkecimpung di bidang pengujian dan standar, untuk mengikuti pelatihan asesor laboratorium penguji.

Selengkapnya...
Pengenalan Publikasi Internasional Baru Mengenai Persyaratan Kompetensi Lembaga Validasi dan Verifikasi, ISO/IEC 17029:2019

Menghadapi tantangan yang semakin meningkat, Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Komite Akreditasi Nasional (KAN) perlu untuk terus mengikuti perkembangan standar internasional. Organisasi Standar Internasional (ISO) telah menetapkan suatu standar baru yaitu ISO/IEC 17029:2019 Conformity assessment — General principles and requirements for validation and verification bodies atau persyaratan kompetensi lembaga validasi dan verifikasi. 

Selengkapnya...
Sertifikat Legalitas Kayu Perlancar Ekspor ke Mancanegara

Kabupaten Sidoarjo - Sistem Verifikasi dan Legalitas Kayu (SVLK) merupakan sitem pelacakan yang disusun secara multistakeholder untuk memastikan legalitas sumber kayu yang beredar dan diperdagangkan di Indonesia. Dengan adanya bukti Sertifikat Legalitas Kayu (SLK), industri berbahan kayu memiliki jaminan kuat atas legalitas sumber bahan baku kayunya. Hal ini tentu membantu para pelaku usaha untuk memperlancar usahanya, khususnya saat melakukan ekspor ke mancanegara.

Selengkapnya...
KAN Peroleh Pengakuan Internasional ILAC Skema Akreditasi Penyelenggara Uji Profisiensi

Komite Akreditasi Nasional (KAN) mendapatkan pengakuan Internasional Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC) untuk skema akreditasi Penyelenggara Uji Profisiensi berdasarkan ISO/IEC 17043  (telah diadopsi menjadi SNI ISO/IEC 17043) pada tanggal 3 Oktober 2019. Skema saling pengakuan di bidang akreditasi Penyelenggara Uji Profisiensi ILAC merupakan lingkup baru dalam ILAC MRA (Mutual Recognition Arrangement), yang dilaksanakan melalui evaluasi oleh Organisasi Kerjasama Akreditasi Regional. KAN telah memperoleh pengakuan di tingkat regional melalui Asia Pasific Laboratory Accreditation Cooperation (APLAC)  pada bulan Juni 2017.

Selengkapnya...
Press Release IQE 2019 (Bulan Mutu Nasional)

 

Pembangunan sumber daya manusia yang unggul merupakan kunci dari kemajuan sebuah bangsa. Pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan diharapkan mampu menjawab kebutuhan terciptanya sumber daya manusia unggul yang mampu menghadapi tantangan dimasa kini dan masa mendatang.

Selengkapnya...
Sidang ASEAN Consultative Committee on Standards and Quality Working Group 2 (ACCSQ WG 2) yang ke-37

Indonesia kembali menjadi tuan rumah sidang ASEAN Consultative Committee on Standards and Quality Working Group 2 (ACCSQ WG 2) yang ke-37. Sidang yang berlangsung selama 3 hari pada tanggal 11-13 September 2019 di Yogyakarta tersebut didahului dengan Workshop tentang pertanian organik. Workshop yang diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal 9-10 September 2019 ini bertujuan untuk pengembangan skema sertifikasi pertanian organik. Sidang ACCSQ WG 2 ke 37 diawali dengan sambutan dari Kepala Badan Standardisasi Nasional, Prof. Dr. Bambang Prasetya. Dalam kesempatan itu Ia menyampaikan latar belakang dibentuknya ACCSQ WG2 yaitu bertujuan untuk mengembangkan kebijakan dan pedoman yang selaras di bidang akreditasi dan penilaian kesesuaian serta memperkuat infrastruktur mutu dari negara-negara anggota ASEAN. Disamping itu, beliau juga menyampaikan bahwa ACCSQ juga telah meminta WG (Working Group) dan PWG (Product Working Group) untuk melanjutkan studi mengenai kota pintar (smart city) dan Revolusi Industri 4.0 yang telah ditetapkan sebagai prioritas baru di ASEAN selain percepatan integrasi 11 sektor prioritas yang telah disepakati sebelumnya dalam perjanjian kerangka kerja oleh para pemimpin ASEAN.

Selengkapnya...
Refreshing Course Asesor Laboratorium Kalibrasi SNI ISO/IEC 17025:2017 Tahun 2019

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan acara refreshing course asesor laboratorium kalibrasi, pada Selasa (03/09/2019) di Jakarta. Kegiatan yang dihadiri oleh 50 orang asesor laboratorium kalibrasi ini dilaksanakan dalam rangka merumuskan pedoman pelaksanaan asesmen bagi asesor maupun laboratorium kalibrasi untuk pengukuran kalibrasi alat survei dan temperature enclosure.

Selengkapnya...
Penjelasan Kebijakan Transisi Dokumen

Dalam rangka implementasi KAN U-01 - Syarat dan Aturan Akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) dan menindaklanjuti Surat Sekretaris Jenderal KAN Nomor 432/KAN/SEKJEN-SHA/01/19 perihal Perubahan Syarat dan Aturan Akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian, dengan ini disampaikan Surat Penjelasan Kebijakan Transisi Dokumen:

Selengkapnya...
Akreditasi Tingkatkan Daya Saing Bangsa dalam Rantai Pasok Global

Pentingnya peran akreditasi dalam rantai pasok perdagangan, menjadi tema yang diangkat dalam peringatan Hari Akreditasi Dunia (World Accreditation Day), yang jatuh setiap tanggal 9 Juni. Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Komite Akreditasi Nasional (KAN), menyelenggarakan kegiatan Temu Nasional Pemangku Kepentingan Bidang Akreditasi dalam rangka peringatan Hari Akreditasi Dunia dengan tema “Accreditation: Adding Value to Supply Chains” pada Selasa (25/6/2019), di Auditorium Gedung BPPT II, Jl. MH. Thamrin No.8 Jakarta Pusat.

Selengkapnya...
Indonesia Menghadiri Sidang Gabungan IAF dan ILAC 2019

 

Sidang IAF-ILAC Mid-Term Meetings 2019 telah diselenggarakan di Hotel Hilton Mexico City Reforma, Mexico City, Mexico tanggal 04-11 April 2019. International Accreditation Forum (IAF) adalah organisasi internasional di bidang kerjasama badan akreditasi untuk lembaga sertifikasi yang beranggotakan 84 badan akreditasi yang berasal dari 73 negara (www.iaf.nu), sedangkan International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC) adalah organisasi internasional di bidang kerjasama badan akreditasi untuk laboratorium dan lembaga inspeksi yang beranggotakan 155 badan akreditasi dan organisasi terkait lainnya yang berasal dari 126 negara (www.ilac.org).

Selengkapnya...

Keberterimaan dan Hubungan Kerja Sama

Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.