Indonesian English

Senin (29/06/2020), Komite Akreditasi Nasional (KAN) mengadakan Forum Group Discussion (FGD) Pemahaman SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan – Persyaratan dengan Panduan Penggunaan. FGD yang dilakukan secara daring ini dihadiri oleh beberapa unit kerja di Badan Standardisasi Nasional.

 

 

FGD dibuka oleh Nurilla G. Wibisono selaku Kepala Subdirektorat Akreditasi Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen. Dalam pembukaan beliau menyampaikan tujuan dari FGD ini adalah untuk sharing pengetahuan dalam penerapan SNI ISO 37001:2016 dan untuk penerapan masing-masing klausul diharapkan peserta dapat membaca dan memahami bagian lampiran.

 

“Standar SNI ISO 37001:2016 adalah standar yang dimaksudkan untuk organisasi penerap dan hanya berlaku untuk mencegah kegiatan penyuapan dan tidak secara spesifik ditujukan untuk aktivitas lain yang terkait dengan praktik korupsi, meskipun organisasi dapat memperluas lingkupnya. Namun, yang perlu diingat adalah risiko penyuapan tidak mungkin dihilangkan secara total dan kesesuaian dengan standar ini tidak menjamin penyuapan tidak akan terjadi, hal ini tergantung dari kepatuhan dan komitemen organisasi dalam menerapkan standar ini”, tutur Hanum (Narasumber Asesor KAN). Hanum juga menyampaikan secara detail setiap klausul yang ada pada standar ini. (DK/AH)

 

 

Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.