Indonesian English

Standar internasional ISO/IEC 17011 yang saat ini digunakan sebagai persyaratan pengoperasian badan akreditasi yang melakukan akreditasi terhadap lembaga penilaian kesesuaian (conformity assessment body) dan sekaligus sebagai persyaratan pengakuan internasional suatu badan akreditasi telah berusia 13 tahun sejak revisi yang terakhir dipublikasikan oleh ISO pada tahun 2004. Perubahan utama standar internasional ISO/IEC 17011 adalah penyesuaian dengan struktur dokumen CASCO, menambahkan uji profisiensi sebagai salah satu jenis kegiatan penilaian kesesuaian, peningkatan persyaratan kompetensi personel yang terlibat dalam proses akreditasi, memasukkan persyaratan dalam ISO/PAS 17001 sampai dengan ISO/PAS 17005 sebagai persyaratan wajib.

Agenda utama lainnya yang dibahas adalah konfirmasi pengakuan internasional oleh IAF melalui mekanisme Multilateral Recognition Arrangement (MLA) dan ILAC melalui mekanisme Mutual Recognition Arrangement (MRA) terhadap beberapa badan akreditasi anggota IAF dan ILAC. KAN telah mendapat pengakuan internasional dari IAF untuk pengoperasian skema akreditasi Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen (ISO 9001) sejak tahun 2002, Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001) sejak tahun 2007, Lembaga Sertifikasi Produk sejak tahun 2009 dan Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Pangan (ISO 22000) sejak tahun 2015.  Disamping itu KAN juga telah mendapat pengakuan internasional dari ILAC untuk pengoperasian skema akreditasi Labarorium Penguji sejak tahun 2001, Laboratorium Kalibrasi sejak tahun 2003, Lembaga Inspeksi sejak tahun 2012 dan Laboratorium Medik (Klinik) sejak tahun 2013.

Sidang umum gabungan IAF dan ILAC ini dihadiri oleh kurang lebih 300 delegasi yang mewakili 92 full member dan 60 associate dan affiliate member dari 120 negara. Delegasi Indonesia diwakili oleh Kukuh S. Achmad, Deputi Bidang Penerapan Standar dan Akreditasi, Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Sekretaris Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan Donny Purnomo, Kepala Pusat Akreditasi Lembaga Sertifikasi BSN selaku Direktur Akreditasi Lembaga Sertifikasi KAN.

 

Di tengah-tengah menghadiri sidang umum gabungan IAF dan ILAC ini juga telah dilakukan pembicaraan awal antara Mr. Devecz Miklós, Director General National Accreditation Authority of Hungary (NAH) dan Kukuh S. Achmad, Sekretaris KAN untuk menjajagi kemungkinan dilakukannya kerjasama di bidang akreditasi dalam rangka mendukung kelancaran perdagangan bilateral antara Indonesia dan Hongaria (ksa-dp).

Berita

Pengakuan Internasional melalui Capaian MLA IAF bagi Skema Akreditasi KAN untuk Lembaga Sertifikasi Person

Berita menggembirakan dari sidang umum gabungan Joint General Assembly dua organisasi internasional yaitu International Accreditation Forum (IAF) dan International Laboratory Acreditation Cooperation (ILAC) yang berlangsung di Singapura tanggal 22 – 31 Oktober 2018 bahwa Komite Akreditasi Nasional (KAN) telah memperoleh pengakuan internasional untuk Skema Akreditasi Lembaga Sertifikasi Person melalui Multilateral Recognition Arrangement (MLA) di IAF. Perolehan ini menandakan telah diakuinya skema akreditasi dan sertifikasi person yang dioperasikan oleh KAN di level internasional setelah pada tahun 2016 KAN mendapat pengakuan serupa di level Asia Pasifik melalui MLA di Pacific Accreditation Cooperation (PAC). Saat ini anggota IAF yang telah memperoleh MLA untuk Skema Akreditasi Lembaga Sertifikasi Person adalah 26 (dua puluh enam) negara dari kawasan Eropa dan 7 (tujuh) negara dari kawasan Asia Pasifik. Hal itu berarti bahwa sistem sertifikasi person dari lembaga sertifikasi yang diakreditasi KAN mampu disejajarkan dengan sertifikasi person dari negara-negara yang telah menandatangani MLA IAF.

Read more ...
Workshop Akselerasi Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja Melalui Sertifikasi ISO 45001:2018

ISO 45001 adalah sebuah standar internasional baru untuk manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3/OH&SMS), yang  menggantikan standar OHSAS 18001.

 

Sehubungan dengan hal tersebut BSN dan KAN menyelenggarakan Workshop Akselerasi Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja Melalui Sertifikasi ISO 45001:2018 di Grand City, Surabaya (26/10). Workshop ini menjelaskan materi syarat dan aturan tambahan akreditasi bagi lembaga sertifikasi yang berminat untuk mengoperasionalkan skema sertifikasi SMK3 berdasarkan ISO 45001:2018.

Read more ...

Keberterimaan dan Hubungan Kerja Sama

   

Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.