Indonesian English

Senin (29/06/2020), Komite Akreditasi Nasional (KAN) mengadakan Forum Group Discussion (FGD) Pemahaman SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan – Persyaratan dengan Panduan Penggunaan. FGD yang dilakukan secara daring ini dihadiri oleh beberapa unit kerja di Badan Standardisasi Nasional.

 

 

FGD dibuka oleh Nurilla G. Wibisono selaku Kepala Subdirektorat Akreditasi Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen. Dalam pembukaan beliau menyampaikan tujuan dari FGD ini adalah untuk sharing pengetahuan dalam penerapan SNI ISO 37001:2016 dan untuk penerapan masing-masing klausul diharapkan peserta dapat membaca dan memahami bagian lampiran.

 

“Standar SNI ISO 37001:2016 adalah standar yang dimaksudkan untuk organisasi penerap dan hanya berlaku untuk mencegah kegiatan penyuapan dan tidak secara spesifik ditujukan untuk aktivitas lain yang terkait dengan praktik korupsi, meskipun organisasi dapat memperluas lingkupnya. Namun, yang perlu diingat adalah risiko penyuapan tidak mungkin dihilangkan secara total dan kesesuaian dengan standar ini tidak menjamin penyuapan tidak akan terjadi, hal ini tergantung dari kepatuhan dan komitemen organisasi dalam menerapkan standar ini”, tutur Hanum (Narasumber Asesor KAN). Hanum juga menyampaikan secara detail setiap klausul yang ada pada standar ini. (DK/AH)

 

 

Berita

FGD Skema Sistem Manajemen Biorisiko Laboratorium (SMBL)

Kamis (15/06/2020), Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Skema Sistem Manajemen Biorisiko Laboratorium (SNI ISO 35001:2019) melalui media daring. FGD ini menghadirkan para narasumber yaitu Bambang Prasetya (Peneliti Ahli Utama, Pusrisbang SDM BSN/ Ketua Komite Biosafety Produk GMO), Donny Purnomo (Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN) dan Triningsih Herlinawati (Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi BSN). FGD ini dibuka dengan sambutan oleh Puji Winarni (Plt. Deputi Akreditasi BSN/ Plt. Sekjen KAN).

Read more ...
Perubahan Kebijakan Akreditasi di Masa Pandemi Covid-19 Mendukung Percepatan Pemulihan Ekonomi

Pada Kamis (9/7/2020) telah dilaksanakan Sosialisasi Perubahan Kebijakan Komite Akreditasi Nasional terkait Antisipasi Dampak Pandemi Covid-19. Acara diselenggarakan melalui webinar dan streaming Youtube. Sosialisasi ini diselenggarakan untuk memberikan informasi kepada Lembaga Inspeksi (LI), Lembaga Sertifikasi (LS), serta Lembaga Verifikasi dan Validasi (LVV) mengenai kebijakan KAN No 007/KAN/06/2020 yang merupakan perubahan dari kebijakan KAN No 003/KAN/04/2020 yang ditetapkan tanggal 15 April 2020.

Read more ...
Pengumuman Hasil Seleksi dan Pelaksanaan Pelatihan Asesor Laboratorium Penguji SNI ISO/IEC 17025:2017 KAN 2020

Kami beritahukan dengan hormat, berikut nama-nama peserta pelatihan asesor laboratorium penguji SNI ISO/IEC 17025:2017 tahun 2020 yang dinyatakan lolos seleksi persyaratan administrasi sebagaimana terlampir. 

Read more ...
Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.