Indonesian English

Selasa, 16 Juni 2020 perwakilan lintas direktorat di lingkungan  Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan Focus Group Dicussion (FGD) secara virtual melalui aplikasi zoom membedah persyaratan baru yaitu ISO/IEC 17029:2019. Apa itu ISO/IEC 17029:2019?, seperti diketahui bahwa pada bulan Oktober 2019 Organisasi Standar Internasional (International Organization for Standardization atau disingkat ISO) telah menetapkan ISO/IEC 17029:2019, Conformity assessment — General principles and requirements for validation and verification bodies sebagai standar persyaratan kompetensi lembaga validasi dan verifikasi.  ISO/IEC 17029 merupakan salah satu jenis acuan persyaratan untuk kegiatan penilaian kesesuaian, sejajar dengan ISO/IEC 17065, ISO/IEC 17020, ISO/IEC 17024, ISO/IEC 17025, ISO/IEC 17021.

Narasumber FGD ini  adalah Triningsih Herlinawati (Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi) dan Rustiawan Anis yang merupakan expert dan Lead Auditor senior KAN dalam bidang validasi dan verifikasi. Pada acara FGD ini juga dilakukan diskusi interaktif antara pemateri dan peserta terkait pemahaman dan peluang penerapan standar ISO/IEC 17029:2019 yang akan datang diberbagai sektor.  Kegiatan dihadiri oleh 42 perwakilan dari BSN dan KAN serta dimoderatori oleh Esti Premati Kasubdit Akreditasi Lembaga Inpeksi dan Lembaga Verifikasi/Validasi BSN.

Menurut Triningsih  Herlinawati, validasi dan verifikasi sebagai penilaian kesesuaian dipahami sebagai konfirmasi keandalan informasi yang dinyatakan dalam klaim. Jaminan diberikan melalui validasi/verifikasi dan memberikan kepercayaan kepada pemangku kepentingan dan pihak yang memiliki kepentingan terhadap klaim. Validasi/verifikasi sebagai konfirmasi, kegiatan ini dibedakan dari perangkat penilaian kesesuaian lainnya karena tidak menghasilkan karakterisasi (pengujian) atau menyediakan pemeriksaan (inspeksi) atau pengesahan kesesuaian untuk periode tertentu (sertifikasi).

Rustiawan Anis menegaskan bahwa standar ISO/IEC 17029:2019 menjadi acuan bagi lembaga yang menyediakan validasi/verifikasi sebagai kegiatan pihak pertama, pihak kedua atau pihak ketiga. Lembaga dapat berupa lembaga validasi saja, lembaga verifikasi saja, atau menyediakan kedua kegiatan tersebut. Standar ini berlaku untuk sektor apapun, diterapkan bersama dengan program khusus untuk sektor yang berisi persyaratan untuk proses dan prosedur validasi/verifikasi. Hasil kegiatan penilaian kesesuaian lainnya dapat digunakan sebagai masukan saat melakukan kegiatan validasi/verifikasi.

Penerapan standar ini nantinya diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan stakeholder di antaranya adalah regulator. Beberapa potensi penerapan standar ini, diantaranya pada bidang teknologi konstruksi, manajemen energi, manajemen keuangan, sistem otomasi industri, rekayasa sistem  dan perangkat lunak, teknologi informasi, produk kesehatan, dan keamanan mesin.  Di samping itu, penerapan standar ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif untuk kegiatan penilaian pendukung penerapan standar terkait regulasi pemenuhan perijinan berusaha. (JR/EP)

Berita

KAN Selenggarakan Pertemuan Teknis Laboratorium Kalibrasi Tahun 2021

Dalam rangka menyosialisasikan perkembangan terkini kebijakan akreditasi dan metode kalibrasi, Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan Pertemuan Teknis Laboratorium Kalibrasi Tahun 2021 secara daring pada Selasa (27/7/2021). Pertemuan ini mengundang seluruh laboratorium kalibrasi terakreditasi KAN yang ada di Indonesia.

Read more ...
KAN Memperingati World Accreditation Day 2021 Melalui Webinar

Dalam rangka Hari Akreditasi Dunia Tahun 2021 yang diperingati di seluruh dunia, Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada tanggal 9 Juni 2021 menyelenggarakan kegiatan webinar “Peran Akreditasi dalam Mendukung Penanganan Perubahan Iklim” yang diselaraskan dengan tema Hari Akreditasi Dunia “Accreditation Supporting The Implementation of The SDGs”. Kegiatan ini dihadiri oleh ± 1.000 peserta yang mewakili seluruh stakeholder standardisasi dan penilaian kesesuaian yang terdiri dari pelaku usaha, asosiasi, perwakilan pemerintah, lembaga penilaian kesesuaian (lembaga sertifikasi, lembaga inspeksi, dan laboratorium), anggota Konsil KAN, asesor, dan panitia teknis melalui media zoom webinar serta siaran langsung melalui kanal youtube Komite Akreditasi Nasional.

Read more ...
Pertemuan Teknis Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi Tahun 2021

Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan Pertemuan Teknis Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi pada Kamis (3/6/2021) di Yogyakarta. Acara ini dibuka oleh Deputi Bidang Akreditasi (BSN) selaku Sekretaris Jenderal Komite Akreditasi Nasional, Donny Purnomo.

Read more ...
Kebijakan KAN tentang Akreditasi LS Skema IndoGAP Nomor 004/KAN/05/2021

Sehubungan dengan telah ditetapkannya Persyaratan Tambahan bagi Lembaga Sertifikasi  yang  mengoperasikan  skema  sertifikasi Indonesian  Good  Aquaculture  Practices  (yang  selanjutnya disingkat LS IndoGAP), Komite Akreditasi Nasional (KAN) mengambil kebijakan  dalam rangka transisi implementasi Persyaratan Tambahan LS IndoGAP sebagai berikut:

Read more ...
Kebijakan KAN tentang Akreditasi Lembaga Sertifikasi Skema GHG Nomor 005/KAN/05/2021

Sesuai dengan hasil sidang IAF General Assembly ke-33 yang dituangkan dalam resolusi  International Accreditation Forum (IAF) 2019-19 telah ditetapkan masa transisi terhadap ISO 14065:2020  bagi  Lembaga  Validasi/Verifikasi  (LV/V)  Gas  Rumah  Kaca  (GRK)  untuk menerapkan perubahan standar ini dalam waktu 3 tahun sejak terbitnya standar. Berdasarkan  resolusi  IAF  tersebut,  KAN  menetapkan  transisi  penerapan  SNI  ISO/IEC 17029:2019, ISO 14065:2020, dan SNI ISO 14064-3:2019.

Read more ...
Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.