Indonesian English

KAN melaksanakan sosialisasi dokumentasi mutu terbaru yang menyesuaikan persyaratan sesuai ISO/IEC 17011:2017. Sosialisasi ini diberikan kepada asesor, tenaga ahli, dan panitia teknis Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi.

Acara ini dibuka oleh Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi, Triningsih Herlinawati dalam sambutannya Triningsih menyebutkan perubahan struktur organisasi BSN yang menjalankan tugas dan funsi terhadap pelaksanaan akreditasi dan perubahan terhadap dokumentasi mutu KAN.

 

Selanjutkan Deputi Akreditasi sekaligus Sekjen KAN, Kukuh S. Achmad, memberikan sambutan perihal pentingnya peran asesor, tenaga ahli, dan panitia teknis dalam akreditasi KAN. Akreditasi KAN dapat berjalan dengan baik selama ini karena sumbangsih dan peran dari asesor, tenaga ahli, dan panitia teknis.

Narasumber lain Ewang Kurniawan selaku Kepala Sub Direktorat Sistem dan Harmonisasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi menjelaskan dokumen-dokumen yang berubah antara lain dokumen umum KAN U-01 (Syarat dan Aturan Akreditasi), KAN U-02 (Kategori Temuan), dan KAN U-03 (Penggunaan Simbol Akreditasi KAN) . Selain itu juga dijelaskan perubahan tentang masa akreditasi LPK dari 4 (empat ) tahun menjadi 5 (tahun) serta perubahan kategori ketidaksesuaian dari major, minor, dan obervasi menjadi temuan kategori 1, kategori 2, dan observasi.

Dengan adanya perubahan dokumentasi mutu serta persyaratan akreditasi diharapkan KAN dapat selalu mempertahankan status pengakuan dan keberteriamaan di tingkat regional dan Internasional sehingga hasil penilaian kesesuaian (sertifikasi, pengujian, inspeksi) dapat memberikan kepercayaan terhadap masyarakat. (IYB)

Berita

Indonesia Menghadiri Sidang Gabungan IAF dan ILAC 2019

 

Sidang IAF-ILAC Mid-Term Meetings 2019 telah diselenggarakan di Hotel Hilton Mexico City Reforma, Mexico City, Mexico tanggal 04-11 April 2019. International Accreditation Forum (IAF) adalah organisasi internasional di bidang kerjasama badan akreditasi untuk lembaga sertifikasi yang beranggotakan 84 badan akreditasi yang berasal dari 73 negara (www.iaf.nu), sedangkan International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC) adalah organisasi internasional di bidang kerjasama badan akreditasi untuk laboratorium dan lembaga inspeksi yang beranggotakan 155 badan akreditasi dan organisasi terkait lainnya yang berasal dari 126 negara (www.ilac.org).

Read more ...
Temu Nasional Lembaga Penilaian Kesesuaian 2019 : Pentingnya peranan LPK dalam meningkatkan daya saing Indonesia

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan acara Temu Nasional Lembaga Penilaian Kesesuaian, pada Kamis (28/03/2019), di Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan perkembangan terkini di bidang akreditasi, terutama berkaitan dengan adanya perubahan standar internasional yang mengatur pengoperasian badan akreditasi ISO/IEC 17011:2017. Acara dihadiri oleh 1470 LPK yang terdiri atas 1047 laboratorium penguji, 165 laboratorium kalibrasi, 28 laboratorium medik (klinik), 46 lembaga inspeksi, 6 penyelenggara uji profisiensi, dan 178 lembaga sertifikasi.

Read more ...

Keberterimaan dan Hubungan Kerja Sama

Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.