Indonesian English

Menindaklanjuti persiapan akreditasi Lembaga Sertifikasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (LS PPIU) untuk mendukung program pemerintah sebagai salah satu bentuk pelayanan dan perlindungan kepada Jemaah Umrah di Indonesia melalui sistem akreditasi skema LSPPIU yang memastikan lembaga sertifikasi kompeten, tidak memihak, bertanggung jawab, terbuka, responsif terhadap keluhan, dan memiliki pendekatan terhadap risiko, Kementerian Agama RI bekerja sama dengan Komite Akreditasi National (KAN) mengadakan kegiatan Penyesuaian Kompetensi Personil KAN Skema Akreditasi LS PPIU pada 20-21 Agustus 2018 di Ruang Merak BSN, Gedung Menara Thamrin, Jakarta Pusat.

Skema Akreditasi LS PPIU ini menggunakan standar SNI ISO/IEC 17065 : 2012 sebagai persyaratan utama LSPPIU disamping persyaratan lainnya yang disusun KAN untuk diberlakukan kepada lembaga sertifikasi PPIU

Pelatihan yang bertujuan untuk mematangkan operasional pelayanan skema akreditasi LS PPIU, diikuti oleh 22 orang peserta yang terdiri dari asesor internal dan eksternal KAN.

Manajer Akreditasi Bidang Sistem Manajemen KAN, Zul Amri, dalam sambutannya menjelaskan pentingnya pemahaman regulasi yang diterapkan dalam skema akreditasi ini sehingga terjadi sinkronisasi antara penyelenggara ibadah umrah, LS PPIU, pihak regulator, dan badan akreditasi.

Pelatihan ini mengundang narasumber Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Arfi Hatim, Manajer Akreditasi Bidang Sistem Manajemen KAN, Zul Amri, Kepala Subdirektorat Perizinan, Akreditasi, dan Bina Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah, Nurchalis, Auditor KAP Tri Bowo Yulianti, Bowo Priyatno.

Materi yang disampaikan terdiri dari:

- Syarat dan Aturan Akreditasi Lembaga Sertifikas PPIU

- PMA no.8 th.2018

- Perdirjen no. 337 tahun 2018

- Skema Sertifikasi PPIU

- Tata cara Haji dan Umrah

- Proses Bisnis PPIU

- Akuntansi dan keuangan PPIU

Diharapkan, pelatihan ini dapat memberikan wawasan serta meningkatkan pemahaman bagi calon asesor, asesor, panitia teknis dan tenaga ahli skema LS PPIU.

Berita

Indonesia Menghadiri Sidang Gabungan IAF dan ILAC 2019

 

Sidang IAF-ILAC Mid-Term Meetings 2019 telah diselenggarakan di Hotel Hilton Mexico City Reforma, Mexico City, Mexico tanggal 04-11 April 2019. International Accreditation Forum (IAF) adalah organisasi internasional di bidang kerjasama badan akreditasi untuk lembaga sertifikasi yang beranggotakan 84 badan akreditasi yang berasal dari 73 negara (www.iaf.nu), sedangkan International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC) adalah organisasi internasional di bidang kerjasama badan akreditasi untuk laboratorium dan lembaga inspeksi yang beranggotakan 155 badan akreditasi dan organisasi terkait lainnya yang berasal dari 126 negara (www.ilac.org).

Read more ...
Temu Nasional Lembaga Penilaian Kesesuaian 2019 : Pentingnya peranan LPK dalam meningkatkan daya saing Indonesia

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan acara Temu Nasional Lembaga Penilaian Kesesuaian, pada Kamis (28/03/2019), di Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan perkembangan terkini di bidang akreditasi, terutama berkaitan dengan adanya perubahan standar internasional yang mengatur pengoperasian badan akreditasi ISO/IEC 17011:2017. Acara dihadiri oleh 1470 LPK yang terdiri atas 1047 laboratorium penguji, 165 laboratorium kalibrasi, 28 laboratorium medik (klinik), 46 lembaga inspeksi, 6 penyelenggara uji profisiensi, dan 178 lembaga sertifikasi.

Read more ...

Keberterimaan dan Hubungan Kerja Sama

Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.