Prosedur Keluhan

KETENTUAN UMUM

Keluhan harus dibuat secara tertulis dan ditujukan kepada Direktur Akreditasi.

Sekretariat KAN akan memberikan saran kepada pihak yang menyampaikan keluhan untuk membuat keluhan secara tertulis jika keluhan disampaikan secara verbal. KAN belum akan melakukan tindakan apapun selama keluhan tertulis belum diterima.

Keluhan haruslah mencakup namun tidak terbatas kepada rincian berikut :

  1. Nama dan Alamat pihak yang melakukan keluhan
  2. Rincian permasalahan yang dikeluhkan, jika memungkinkan termasuk bukti objektif untuk mendukung keluhan yang disampaikan.

Direktur Akreditasi mengkaji keluhan untuk mempelajari substansi keluhan dan menentukan validitas dari keluhan.

Keluhan yang terkait sistem manajemen KAN akan disampaikan kepada Manajer Mutu, Sementara keluhan terkait proses akreditasi akan ditangani oleh Direktur Akreditasi.

Direktur akreditasi memberitahu kepada pihak yang menyampaikan keluhan secara tertulis, bahwa keluhan telah diterima dan akan diselesaikan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Manajer Mutu atau Direktur Akreditasi menunjuk personel yang sesuai untuk melakukan investegasi terhadap keluhan dan untuk melakukan tindakan perbaikan.

Jika dibutuhkan, Direktur Akreditasi atau Manajer Mutu akan membentuk Tim Ad Hoc untuk menyelesaikan keluhan.

Manajer Mutu atau Direktur Akreditasi akan melakukan penilaian terhadap keefektifitasan seluruh tindakan yang dilakukan untuk menyelesaikan keluhan. Dalam hal tindakan yang dilakukan dinilai memuaskan, DIrektur Akreditasi atau Sekretaris Jenderal menyatakan persetujuan terhadap penyelesaian keluhan.

Direktur Akreditasi memberitahukan secara formal, secara tertulis, tindakan penyelesaian keluhan, kepada pihak yang melakukan keluhan

Keluhan terkait LPK yang diakreditasi oleh KAN

Direktur Akreditasi memberitahukan, secara tertulis, keluhan yang diterima KAN kepada LPK terakreditasi. LPK perlu memberikan pernyataan dan melakukan investigasi terhadap keluhan tersebut, untuk memastikan bahwa keluhan tersebut ditangani oleh LPK.

LPK memberitahukan, secara tertulis, penyataan tersebut kepada pihak yang melakukan keluhan dan salinannya kepada Sekretariat KAN dalam waktu satu bulan.

Dalam hal pihak yang melakukan keluhan tidak puas dengan jawaban dari LPK, Direktur akreditasi bisa mengadakan pertemuan yang mengundang pihak – pihak terkait dalam rangka menyelesaikan keluhan.

Jika dibutuhkan, Direktur Akreditasi bisa menunuk personil atau tim untuk melakukan survailen tidak terjadwal untuk melakukan investigasi terhadap keluhan. Harus diperhatikan bahwa hasil dari hasil survailen tidak terjadwal bisa berupa pembekuan, pengurangan lingkup atau pencabutan status akreditasi jika terbukti bahwa LPK terakreditasi melakukan pelanggaran terhadap syarat aturan dan /atau kriteria akreditasi. Direktur Akreditasi Harus mengambil keputusan berdasarkan hasil dari survailen tidak terjadwal serta memberikan pemberitahuan secara tertulis kepada pihak yang melakukan keluhan.

8 visitors online now
8 guests, 0 members
Max visitors today: 52 at 02:09 am UTC
This month: 59 at 03-13-2017 09:49 am UTC
This year: 62 at 01-19-2017 10:15 am UTC
All time: 114 at 02-21-2014 05:58 am UTC