Hasil Survei Kepuasan Pelanggan *

Hasil Survey Kepuasan pelanggan 2015

Mengacu kepada Undang-Undang RI No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Pusat Akreditasi Lembaga Sertifikasi sebagai salah satu unit pemerintah yang melakukan layanan publik, setiap tahun selalu melaksanakan survai kepuasan pelanggan.

Untuk tahun 2015, survai dilakukan kepada lembaga sertifikasi yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).  Jumlah lembaga sertifikasi yang telah diakreditasi KAN sampai dengan Desember 2015 adalah164 lembaga sertifikasi.

Survai dilaksanakan pada bulan Desember 2015 – Januari 2016. Jumlah kuesioner yang dikirimkan kepada responden (lembaga sertifikasi) sebanyak 150 kuesioner, namun demikian sampai dengan batas waktu akhir penyampaian jawaban kuesioner terkumpul sebanyak 113 jawaban kuesioner dari responden (lembaga sertifikasi).

Mengacu kepada KEP/25/M.PAN/2/2014 tentang Pedoman umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah, data-data pengukuran Servqual ini meliputi harapan dan persepsi dari responden atas atribut- atribut pelayanan akreditasi. Pada kuesioner ini terdapat 15 (limabelas) variable pertanyaan terkait dengan harapan dan persepsi lembaga sertifikasi terhadap pelayanan yang telah diberikan KAN dan penilaian responden terhadap atribut-atribut tersebut dikelompokan dalam 5 skala, dengan menggunakan skala likert (1-5).

Dari hasil survey tersebut, capaian indicator tingkat persepsi kepuasan dari Lembaga Sertifikasi terhadap layanan jasa akreditasi diperoleh skor nilai 3,85. Terlihat bahwa dari hasil survai yang diperoleh, persepsi dari pelanggan terhadap layanan akreditasi lembaga sertifikasi melebihi yang ditargetkan yaitu 3,5.

4 visitors online now
4 guests, 0 members
Max visitors today: 46 at 06:07 am UTC
This month: 49 at 04-03-2017 04:23 am UTC
This year: 62 at 01-19-2017 10:15 am UTC
All time: 114 at 02-21-2014 05:58 am UTC