Beranda > News > Rekomendasi Lokakarya Asesor/Auditor :

Rekomendasi Lokakarya Asesor/Auditor :

21/11/2010

Masih dalam rangkaian kegiatan lokakarya asesor/auditor KAN dan lokasi yang sama yakni di ruang Betawi Hotel Santika Premiere – Jakarta, pada Selasa, 16 November 2010, Sekjen KAN, Dr. Ing. Amir Partowiyatmo kembali melanjutkan acara dengan membacakan rumusan hasil sidang komisi I, II, dan III yang telah disepakati bersama oleh seluruh peserta lokakarya.

Seluruh sidang komisi I hingga III ini telah dilakukan di hari sebelumnya dan menghasilkan suatu rumusan rekomendasi. Sidang komisi I dipimpin oleh Ir. Nurasiah S. Samhudi membahas tentang kompetensi dan profesionalisme asesor/auditor, dan sidang komisi II dipimpin oleh Ir. Aditya Nugroho, MBA dari AIMS Consultant yang membahas liabilitas dan integritas profesi asesor/auditor. Sedangkan sidang komisi III membahas tentang nilai tambah audit bagi organisasi yang dipimpin oleh Ir. Arifin Lambaga, MBA.

Dr. Amir menyampaikan bahwa dari keseluruhan sidang komisi telah menghasilkan beberapa rumusan rekomendasi lokakarya, yang pertama yaitu: peningkatan kompetensi asesor/ auditor dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan organisasi, dalam hal ini lembaga sertifikasi atau industri, untuk meningkatkan pengembangan lingkup kompetensi lembaga akreditasi dan lembaga sertifikasi dalam melakukan audit, melalui: komitmen KAN dan lembaga sertifikasi untuk meningkatkan kompetensi asesor/auditor; penetapan Ikatan Asesor Auditor Indonesia (IAAI) sebagai wadah untuk meningkatkan pengetahuan asesor/auditor terhadap suatu persyaratan standar atau peraturan dan pertukaran informasi dan pengalaman, serta menyamakan persepsi diantara asesor/auditor; membangun rencana strategis dalam mengembangkan lingkup kompetensi KAN, lembaga sertifikasi, dan asesor/auditor untuk mendukung pemenuhan kebutuhan organisasi, termasuk regulasi teknis.

Rekomendasi kedua hasil lokakarya menyatakan bahwa peningkatan integritas asesor/auditor perlu dilaksanakan untuk meningkatkan  kepercayaan dan keandalan pelaksanaan asesmen KAN dan lembaga sertifikasi dalam melakukan audit, melalui: penguatan kebijakan kompetensi asesor/ auditor yang harus dimiliki KAN dan lembaga sertifikasi dalam mendukung sektor yang diaudit; penetapan kebijakan kode etik asesor/ auditor dalam meningkatkan kredibilitas KAN dan lembaga sertifikasi untuk setiap kegiatan penilaiannya; serta penetapan bagi pemantauan, pengukuran personal attribute dan integritas asesor/auditor.

Rekomendasi yang ketiga yaitu penguatan nilai tambah audit bagi organisasi perlu ditingkatkan dengan didukung audit yang efektif untuk optimalisasi KAN dan lembaga sertifikasi, melalui: audit yang menekankan pada penyampaian informasi berdasarkan pengamatan yang obyektif dan mampu mengidentifikasikan kelemahan, kelebihan serta peluang untuk melakukan peningkatan kinerja yang berkelanjutan; penguatan peraturan perundang-undangan untuk memperkuat peran lembaga sertifikasi yang kuat dan mandiri melalui skema akreditasi KAN; serta penetapan aturan yang jelas tentang pemantauan lembaga sertifikasi di tingkat nasional dengan memperhatikan harmonisasi sistem penilaian kesesuaian dalam perjanjian regional maupun internasional, dan keberterimaan timbal balik dengan sistem penilaian kesesuaian negara lain.
Rekomendasi yang terakhir lebih menegaskan bahwa untuk mengimplementasikan hasil lokakarya ini perlu segera dibentuk Tim Kecil yang akan menyusun rencana aksi sebagai acuan bersama dalam memantapkan peran asesor/ auditor. Setelah membacakan hasil rumusan lokakarya, kemudian Sekjen KAN, Dr. Ing. Amir Partowiyatmo menyerahkan hasil rumusan tersebut kepada Ketua KAN, Dr. Bambang Setiadi.

Dalam penutupan lokakarya siang itu Dr. Bambang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh asesor yang telah hadir dan menyatakan bahwa keseluruhan rumusan hasil diskusi dan kesimpulan masing-masing komisi tersebut merupakan wujud nyata rencana aksi baik oleh KAN, BSN, maupun regulator dan seluruh pemangku kepentingan sesuai peran dan tanggung-jawabnya masing-masing dan akan disampaikan kepada seluruh pihak terkait. (yuk)

TITLEDownload
Aditya Nugroho - Panel.pdf
Rumusan Hasil Lokakarya Asesor Auditor.pdf
Arifin Fahmi - PT Wijaya Karya - Key Note Speech.pdf
Halomoan P Simatupang - PT Indocitra Widhitama Industries - Key Note Speech.pdf
Amir Partowiyatmo - Sekjen KAN.pdf
Muhammad B Asana - Panel.pdf
Adhi Maryadhi - Panel.pdfTenaga Ahli)

Komentar ditutup
11 visitors online now
11 guests, 0 members
Max visitors today: 14 at 12:46 am UTC
This month: 21 at 09-01-2014 05:01 am UTC
This year: 114 at 02-21-2014 05:58 am UTC
All time: 114 at 02-21-2014 05:58 am UTC