Beranda > News > Pelatihan Asesor Laboratorium ISO/IEC 17025 : 2005

Pelatihan Asesor Laboratorium ISO/IEC 17025 : 2005

Para peserta Pelatihan ISO/IEC 17025:2005 yang diadakan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada tanggal 22 – 26 Maret 2010 bertempat di Hotel Ibis Slipi Jakarta.

Dalam rangka peningkatan kualitas serta kuantitas Asesor Laboratorium, Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan pelatihan Asesor Laboratorium ISO/IEC 17025 : 2005 selama 5 hari pada tanggal 22 – 26 Maret 2010 bertempat di Hotel Ibis Slipi Jakarta. Pelatihan ini diikuti oleh 24 peserta dari berbagai kalangan yang telah berpengalaman di laboratorium yang terdiri dari personil laboratorium penguji dan kalibrasi; akademisi/perguruan tinggi dan Sekretariat KAN.

Pelatihan dibuka oleh Dr. Ing. Amir Partowiyatmo, Sekretaris Utama BSN selaku plt. Sekretaris Jenderal KAN. Pelatihan asesor ini lebih ditekankan pada sistem diskusi diantara peserta maupun dengan instruktur serta lebih banyak materi studi kasus untuk lebih mudah implementasinya. Sebelum disampaikan materi pelatihan, diadakan pre-test untuk mengetahui kemampuan umum peserta terutama terkait dengan pengetahuan tentang sistem akreditasi laboratorium dan standar ISO/IEC 17025. Pada hari pertama disampaikan materi review ISO/IEC 17025: 2005 yang merupakan standar untuk persyaratan akreditasi laboratorium yang disampaikan oleh Drs. Kukuh S. Achmad dan Donny Purnomo JE, ST dari Sekretariat KAN. Materi dokumentasi sistem manajemen mutu, ketidakpastian pengukuran, ketertelusuran pengukuran disampaikan oleh Donny Purnomo JE, ST pada hari kedua, sedangkan materi tentang validasi metode serta pengendalian mutu dan uji profisiensi yang disampaikan oleh Drs. Adisam ZN dari PT. Sucofindo. Pada hari ketiga disampaikan materi syarat dan aturan akreditasi laboratorium oleh Dra. Istu Sutarti dari Sekretariat KAN, Review Audit kecukupan panduan mutu, teknik asesmen dan skill asesor oleh Dr. Sunarya mantan Sekretaris Jenderal KAN dan Perencanaan dan Pengorganisasian Asesmen, Persiapan Pelaksanaan Mock  Assessment oleh Drs. Iskandar Novianto dari Sekretariat KAN. Untuk mengimplementasikan materi yang telah diperoleh selama tiga hari sebelumnya, maka pada hari keempat para peserta pelatihan dibawa ke Balai Pengujian Mutu Barang Ekspor dan Impor di Ciracas untuk kegiatan mock assessment. Pada kegiatan mock assessment ini peserta langsung mempraktekkan kegiatan asesmen dan bertindak sebagai Asesor seperti asesmen yang sebenarnya. Kegiatan mock assessment dibagi menjadi empat kelompok yang disesuaikan dengan background peserta pelatihan asesor yaitu bidang kimia non pangan, bidang kelistrikan, bidang mikrobiologi dan bidang kalibrasi. Pada hari terakhir peserta mempresentasikan hasil mock assessment. Diskusi yang menarik berlangsung pada saat presentasi ini, diantaranya mengenai hasil temuan ketidaksesuaian dalam asesmen dan pengkategorian hasil temuan ketidaksesuaian asesmen.

Peserta pelatihan asesor ISO/IEC 17025 di depan Balai Pengujian Mutu Barang Ekspor dan Impor (BPMBEI) - Ciracas untuk kegiatan mock assessment.

Pada sesi terakhir diadakan post test bagi peserta pelatihan untuk mengetahui peningkatan pemahaman para peserta pelatihan asesor setelah mengikuti pelatihan selama 5 hari penuh. Pelatihan Asesor ditutup oleh Donny Purnomo, ST mewakili Direktur Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Inspeksi disertai dengan penyerahan sertifikat keikutsertaan dalam pelatihan asesor (HR)

  1. irianti amin
    04/05/2010 pada 6:52 | #1

    program pelatihan assesor sangat menarik, mohon pelatihan assesor untuk wilayah timur diberi ksempatan, agar assesor untuk laboratorium di wilayah Timur dapat berasal dari wilayah Timur juga. Apa pelatihan assesor ini sudah yang terakhir di tahun 2010, apa masih ada lagi. Kami pernah mengajukan lamaran, tapi sampai saat ini belum ada jawaban. trimakasih

    irianti amin, bpom kendari

  2. isa a
    18/05/2010 pada 10:46 | #2

    kapan untuk pelatihan asesor periode selanjutnya dan berapa biayanya, bila ada pelatihan mohon dinformasikan. thank’s

  3. sugeng
    24/05/2010 pada 16:37 | #3

    Ibu irianti Amin Ysh,

    Pelatihan asesor laboratorium diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan jumlah asesor laboratorium yang semakin hari semakin bertambah seiring dengan penambahan jumlah laboratorium dan usaha regenerasi asesor. Karena keterbatasan tempat maka KAN melalukan seleksi terhadap lamaran untuk mengukuti pelatihan.
    Untuk pelatihan di Indonesia bagian timur akan menjadi pertimbangan manajemen KAN pada program pelatihan asesor tahun 2011.

    Terima kasih atas perhatian Ibu.

  4. sugeng
    24/05/2010 pada 16:48 | #4

    Sdr/i Isa Ansori Ysh,

    Pelatihan asesor laboratorium yang kami selenggarakan saat in tidak ada biaya karena kami menanggung seluruh biaya akomodasi, materi, sarana pendukung dan instruktur. Namun demikian, transport bagi perserta terpilih belum dapat kami sediakan.
    Untuk mengukuti pelatihan calon peserta mengirimkan CV dan lamaran ke Sekretariat dan pengumuman pelatihan diumumkan di website BSN (www.bsn.go.id) dan website KAN (www.kan.or.id).
    Pelatihan asesor laboratorium untuk tahun 2010 telah selesai.

    Demikian informasi dari kami.

  1. Belum ada tautan balik
Anda harus masuk log untuk mengirim komentar.
5 visitors online now
5 guests, 0 members
Max visitors today: 12 at 03:24 pm UTC
This month: 39 at 04-10-2014 09:33 am UTC
This year: 114 at 02-21-2014 05:58 am UTC
All time: 114 at 02-21-2014 05:58 am UTC