Beranda > News > Akreditasi Memastikan Kompetensi dan Membangun Kepercayaan

Akreditasi Memastikan Kompetensi dan Membangun Kepercayaan

“Akreditasi adalah salah satu kegiatan yang sangat penting dalam mewujudkan infrastruktur mutu nasional yang handal untuk meningkatkan daya saing bangsa”, demikian disampaikan oleh Kukuh S. Achmad, Sekretaris Jenderal Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada saat membuka acara Pertemuan Teknis Laboratorium dan Lembaga Inspeksi di Medan tanggal 16 Maret 2017. Pertemuan tersebut dihadiri oleh sekitar 250 peserta perwakilan Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) yang terdiri dari Laboratorium Penguji, Laboratorium Kalibrasi, Laboratorium Medik, Lembaga Inspeksi, dan Penyelenggara Uji Profisiensi yang telah diakreditasi KAN yang berlokasi di daerah Sumatera dan sekitarnya.

Tujuan dilaksanakannya pertemuan tersebut adalah dalam rangka mensosialisasikan informasi terkini terkait akreditasi kepada LPK dan sekaligus sebagai  forum untuk saling tukar menukar informasi. Dalam acara tersebut Kukuh menekankan kembali mengenai amanah yang termaktub dalam UU No 20 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, bahwa standardisasi dan penilaian kesesuaian, dimana akreditasi termasuk didalamnya, bertujuan untuk melindungi masyarakat Indonesia dalam aspek kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan hidup serta untuk peningkatan daya saing bangsa.

Dalam pertemuan tersebut dipresentasikan beberapa perkembangan penting di bidang akreditasi LPK oleh Direktur Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Inspeksi, Drs. Dede Erawan, M.Sc dan Manajer akreditasi Laboratorium Penguji, Fajarina Budiantari, S,TP, M.Si. Materi yang disampaikan diantaranya terkait dengan syarat dan aturan akreditasi, tata cara  penggunaan simbol akreditasi, rencana perubahan atau revisi standar persyaratan akreditasi laboratorium ISO/IEC 17025 pada akhir tahun 2017 dan pelaksanaan proses akreditasi secara on-line melalui KAN MIS (Managemet Information System).


Pada akhir acara Sekretaris Jenderal KAN menyampaikan kembali bahwa pada dasarnya akreditasi dilakukan untuk memastikan kompetensi LPK dengan menilai pemenuhannya terhadap standar internasional. Pada akhirnya akreditasi ditujukan untuk membangun kepercayaan para pemangku kepentingan terhadap LPK yang sudah diakreditasi. Oleh karena itu komitmen dari seluruh LPK yang telah diakreditasi KAN untuk tetap memelihara kompetensi dan mengimplementasikan secara konsisten standar  ISO/IEC 17025 untuk laboratorium penguji dan kalibrasi, ISO/IEC 17020 untuk lembaga inspeksi, ISO/IEC 17043 untuk penyelenggara uji profisiensi dan ISO 15189 untuk laboratorium medik adalah suatu keharusan (palli).

Anda harus masuk log untuk mengirim komentar.
8 visitors online now
8 guests, 0 members
Max visitors today: 46 at 06:07 am UTC
This month: 49 at 04-03-2017 04:23 am UTC
This year: 62 at 01-19-2017 10:15 am UTC
All time: 114 at 02-21-2014 05:58 am UTC