Beranda > News > Asesor dan Tenaga Ahli KAN yang kompeten adalah kunci badan akreditasi yang kredibel dan terpercaya – Refreshment Asesor dan Tenaga Ahli KAN Skema Akreditasi Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (LSUP)

Asesor dan Tenaga Ahli KAN yang kompeten adalah kunci badan akreditasi yang kredibel dan terpercaya – Refreshment Asesor dan Tenaga Ahli KAN Skema Akreditasi Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (LSUP)

14/02/2017

Skema akreditasi LSUP yang telah di-launching oleh KAN pada bulan November tahun 2015, menjadi momment penting komitmen dan kesiapan Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk melaksanakan skema akreditasi LSUP yang kredibel dan terpercaya.

Sejak ditanda tanganinya perjanjian kerjasama antara KAN dan Kementerian Pariwisata pada 1 Juni 2016, KAN telah memberikan akreditasi kepada LSUP yang telah ditunjuk dan ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sejumlah 52 LSUP, sebagian diantaranya telah dilakukan kegiatan survailen oleh KAN dengan melibatkan asesor dan tenaga ahli teknis yang berasal dari berbagai organisasi terkait sektor pariwisata.

Dalam menjalankan kegiatan sertifikasi, Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (LSUP) mengacu kepada persyaratan akreditasi KAN yaitu SNI ISO/IEC 17021:2011 dan DPLS 18 serta Regulasi Kementerian Pariwisata terkait. Untuk itu dalam setiap pelaksanaan asesmen KAN terhadap LSUP selalu dilakukan oleh tim yang mempunyai penguasaan, baik sistem manajemen maupun teknis kepariwisataan sesuai ruang lingkup dari lembaga yang diases. Untuk itu KAN terus berusaha meningkatkan jumlah Tenaga Ahli di berbagai lingkup teknis kepariwisataan. Dari data yang ada di KAN, Ruang lingkup penyediaan akomodasi adalah yang terbanyak dalam jumlah, dibandingkan dengan ruang lingkup lainnya. Seperti dikutip dari pointer pembukaan Direktur Akreditasi Lembaga Sertifikasi yang disampaikan oleh Manajer Akreditasi Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen, yaitu, sebagai berikut:

01. Daya tarik wisata
02. Kawasan pariwisata
03. Jasa transportasi wisata
04. Jasa perjalanan wisata
05. Jasa makanan dan minuman
06. Penyediaan akomodasi
07. Penyelenggaraan kegiatan hiburan dan rekreasi
08. Penyelenggaraan pertemuan, perjalanan insentif, konferensi, dan pameran
09. Jasa informasi pariwisata
10. Jasa konsultan pariwisata
11. Jasa pramuwisata
12. Wisata tirta
13. Spa

Dalam rangka meningkatkan kompetensi asesor dan tenaga ahli akreditasi LSUP baik sistem manajemen dan teknis kepariwisataan sesuai lingkup kepariwisataan, Refreshment Asesor dan Tenaga Ahli Skema Akreditasi Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata ini, dilaksanakan oleh KAN pada tanggal 7 Februari 2017 di Bogor, yang diikuti sekitar 40 peserta.


Disampaikan pula dalam pointer pembukaan Direktur Akreditasi Lembaga Sertifikasi, bahwa salah Satu Kunci Lembaga Akreditasi yang kredibel dan terpercaya diantaranya adalah: didukung oleh Asesor dan Tenaga Ahli yang kompeten dan profesional. Perlunya pertemuan asesor dan tenaga ahli akreditasi LSUP ini, untuk dapat menganalisis dan mengevaluasi kendala yang ada di lapangan pada saat kegiatan asesmen kepada LSUP, serta menyamakan interpretasi dan pemahaman terhadap teknis pelaksanaan asesmen di LSUP.
Pada sesi pagi, kegiatan diisi dengan pemaparan materi SNI ISO/IEC 17021:2011 oleh Triningsih Herlinawati dan dilanjutkan dengan materi terkait teknik audit oleh Evie R Siahaan, yang merupakan pakar akreditasi dan sertifikasi serta merupakan asesor kepala untuk skema LSUP di KAN.
Pada sesi siang, refreshment dilanjutkan dengan paparan materi oleh Suprapto dan Rustiawan Anis yang merupakan pakar akreditasi dan sertifikasi yang juga merupakan asesor kepala untuk skema LSUP. Kedua narasumber menyampaikan paparan materi terkait teknik pelaporan hasil asesmen serta dilanjutkan paparan tentang penetapan dan penulisan ketidaksesuaian dalam kegiatan penyaksian (witness).
Kegiatan refreshment berjalan baik, banyak diskusi yang diinisiasi oleh pembicara maupun peserta, khususnya terkait dengan kasus-kasus yang secara nyata terjadi di lapangan dan disimpulkan bagaimana solusi-solusi terhadap permasalahan yang dijumpai untuk peningkatan dalam pelaksanaan selanjutnya.
Pada diskusi dan akhir kegiatan, disampaikan harapan agar penerapan standar pariwisata dapat didukung secara baik oleh regulator, KAN serta lembaga sertifikasi yang kompeten sehingga dapat meningkatkan daya saing industri pariwisata Indonesia. Asesor dan tenaga ahli akreditasi LSUP juga diharapkan bisa memiliki persepsi dan pemahaman yang sama dan terus dapat berdiskusi setiap saat baik melalui media komunikasi berbasis mobile yang dimiliki maupun dalam forum forum semacam ini.
(KH,RRU)

Komentar ditutup
6 visitors online now
6 guests, 0 members
Max visitors today: 46 at 06:07 am UTC
This month: 49 at 04-03-2017 04:23 am UTC
This year: 62 at 01-19-2017 10:15 am UTC
All time: 114 at 02-21-2014 05:58 am UTC