Beranda > News > PERTEMUAN TEKNIS PANEL EXPERT SNI ISO/IEC 17043-2010 “PERSYARATAN PROVIDER PROFISIENSI TESTING”, 4-5 OKTOBER 2012 DI GRAND SAHID JAKARTA

PERTEMUAN TEKNIS PANEL EXPERT SNI ISO/IEC 17043-2010 “PERSYARATAN PROVIDER PROFISIENSI TESTING”, 4-5 OKTOBER 2012 DI GRAND SAHID JAKARTA


Dalam era perdagangan global, dimana barang semakin leluasa mengalir memasuki batas-batas negara, maka peran laboratorium yang kompeten dengan didukung olehjaminan mutu laboratorium melalui program uji profisiensi adalah sangat penting. Peran tersebut antara lain adalah untuk mendukung kepastian dan efisiensi transaksi,  untuk menjamin persaingan yang sehat dan mendukung penggunaan regulasi teknis oleh negara dalam rangka menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan konsumen, melindungi lingkungan, serta menjamin kepentingan nasional. Kebutuhan akan kepercayaan secara terus menerus terhadap unjuk kerja laboratorium tidak hanya sangat penting bagi laboratorium dan pelanggannya, akan tetapi juga bagi pihak-pihak yang berkepentingan lainnya, seperti regulator, badan akreditasi, organisasi lainnya serta kostumer yang menetapkan persyaratan mutu bagi laboratorium yang akan digunakan. Demikian sambutan pembukaan  Plt Kepala BSN Drs Suprapto MPS pada acara Temu Teknis  Panel Expert SNI ISO/IEC  17043-2010  Persyaratan Provider Profisiensi di Hotel  Grand Sahid Jakarta pada tanggal  4 – 5 Oktober 2012. Acara Teknis Panel Expert SNI ISO/IEC  17043-2010 mencakup pembahasan draft akhir laporan uji profisiensi KAN XV tahun 2012, dimana telah diselenggarakan uji profisiensi untuk sembilan  uji banding komoditi yaitu serum ayam dan sapi, permen (candy), susu bubuk, minuman energi, semen, batubara, gula rafinasi, tepung terigu dan penyakit ikan  dimana program tersebut  diikuti oleh 283 peserta dari seluruh Indonesia.
Pembahasan draft laporan akhir uji Profisiensi ke XV tahun 2012 dilaksanakan satu hari penuh pada tanggal  4 oktober dengan dibuka oleh  Direktur Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Inspeksi Drs. Johni B Napitupulu, Apt  yang memberi gambaran perkembangan akreditasi Provider Profisiensi Testing di internasional dan kesiapan KAN sebagai tuan rumah workshop Provider Profisiensi Testing Asia Pasifik Laboratory Accreditation Cooperation – PTB yang akan diselenggarakan di Jakarta pada bulan Februari 2013.  Pembahasan draft laporan akhir uji Profisiensi dipimpin secara bergantian oleh ketua Tim Uji Profisiensi Drs Nana Suryana dari Kementerian Perdagangan, dengan anggota Dr. Udin Nugraha (Balai Besar Padi, Kementerian Pertanian), Dr. Yulia Kantasubrata (Pusat Penelitian Kimia LIPI), Dra Ratu Ulfiati (Lemigas- Kementerian ESDM), dan  Dr. Rosi Ketrin (Pusat Penelitian Kimia LIPI).
Pada hari kedua acara diisi dengan  presentasi  oleh  Dra. Arum Prajanti dari Pusat Sarana Dampak Lingkungan-Kementerian Lingkungan Hidup dan  Christine Elishian SSi dari Pusat Penelitian Kimia LIPI yang mewakili Indonesia dalam mengikuti dua acara The APLAC/PTB Proficiency Testing Training, Workshop and Symposium. keduanya mempresentasikan point point penting yang didapat dari training yang diikuti untuk berbagi dan didiskusikan dengan peserta. Pada sesi selanjutnya Dr. Yulia Kantasubrata mempresentasikan Persyaratan Teknis SNI ISO/IEC  17043-2010, perbedaannya dengan Persyaratan teknis SNI ISO/ IEC  17025-2008 .
Acara ini diikuti oleh Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan Hortikultura (BBPPMBTH) Kementerian Pertanian,Cimanggis, Balai Besar Bahan Dan Barang Teknik Kementerian Perindustrian, Bandung, Balai Pengujian Mutu Pakan Ternak, Balai Besar Pengembangan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan Jakarta, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian Bogor, Balitbang PU, Puslit KIM LIPI, Kementerian Kesehatan, PT. Sucofindo Cibitung, Pusarpedal – Kementerian Lingkungan Hidup, Pusat Penelitian Kimia- LIPI, Puslitbang  BSN, Balai Uji Standar Karantina Ikan, Balai Pengujian Mutu Barang Kementerian Perdagangan, PT. Semen Gresik, Balai litbang Padi Kementerian Pertanian-Sukamandi, LEMIGAS, Kementerian ESDM, PT. Geoservices Bandung.  Balai Besar Penelitian Veteriner Bogor, PT. Indofood – Jakarta, Balai Besar Industri Agro Kementerian Perindustrian – Bogor, Persatuan Dokter Patologi Klinik Indonesia, PDS PATKLIN, Balai Pengujian Mutu Pakan Ternak dan dari Sekretariat KAN-BSN.
Acara ditutup oleh Direktur Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Inspeksi Drs. Johni B Napitupulu, Apt dengan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Tim Uji Profisiensi KAN, penyedia bahan uji profisiensi, peserta uji profisiensi serta kepada seluruh undangan.  Diharapkan semoga semau program uji Profisiensi di Indonesia dapat berkembang mengacu pada standar Internasional ISO/ IEC  17043-2010  dan dapat bermanfaat bagi strategi pengembangan infrastruktur laboratorium yang bermutu dan profesional di Indonesia sebagai bekal persiapan Indonesia dalam menghadapi Aesean Free Trade area yang akan diberlakukan untuk semua sektor pada tahun 2015 .
Anda harus masuk log untuk mengirim komentar.
5 visitors online now
5 guests, 0 members
Max visitors today: 16 at 03:37 am UTC
This month: 81 at 07-15-2014 09:56 pm UTC
This year: 114 at 02-21-2014 05:58 am UTC
All time: 114 at 02-21-2014 05:58 am UTC