Beranda > News > Workshop Asesor Akreditasi Lembaga Sertifikasi

Workshop Asesor Akreditasi Lembaga Sertifikasi

Sebagai upaya untuk melaksanakan pengembangan kualitas akreditasi lembaga sertifikasi serta meningkatkan kompetensi asesornya, Komite Akreditasi Nasional (KAN) kembali menyelenggarakan 2 Workshop Asesor sekaligus yaitu Akreditasi Lembaga Sistem Manajemen Mutu dan Lembaga Sistem Manajemen Keamanan Pangan serta Workshop Asesor Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) selama tiga hari berturut-turut sejak tanggal 07 – 09 Februari 2012 bertempat di Hotel Santika, Jakarta.

Peserta workshop kali ini diikuti oleh perwakilan dari pemerintah, praktisi sistem manajemen mutu, dan laboratorium penguji. Peserta berjumlah kurang lebih 20 orang untuk Workshop Asesor Sistem Manajemen Mutu dan Keamanan Pangan dan 20 orang untuk Workshop Asesor LSPro.

Pelatihan dibuka oleh Sekretaris Jenderal KAN, Drs. Suprapto, MPS yang sekaligus sebagai Deputi Penerapan Standar dan Akreditasi BSN, dalam pidato pembukaannya Drs. Suprapto mengatakan bahwa asesor merupakan kepanjangan tangan dan ujung tombak utama dalam keseluruhan proses akreditasi. Hal ini perlu disadari mengingat peranan akreditasi yang semakin hari semakin penting terutama dalam memfasilitasi perdagangan mengingat jumlah lembaga serta laboratorium akreditasi dan lembaga sertifikasi yang semakin banyak jumlahnya.

Lebih lanjut Drs. Suprapto menyampaikan peran dan tanggungjawab asesor adalah sebagai wakil KAN dalam melakukan asesmen sebagai salah satu tahapan dalam proses akreditasi dan pengembangan LPK, menjaga kredibilitas dan integritas KAN, bersifat profesional, imparsialitas, dan ber-integritas.

Drs. Suprapto juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para asesor senior karena sudah membangun kepercayaan regulator untuk terus memberikan masukan kepada sekretariat KAN bagaimana seharusnya sikap profesionalisme dibangun, selain itu beliau juga mengungkapkan bahwa salah satu kekurangan yang selama ini sering dikeluhkan mengenai lamanya waktu proses akreditasi, merupakan sebuah masukan dari regulator yang sangat membantu dalam rangka proses peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) para asesor KAN,

untuk itulah salah satu tujuan diadakannya workshop pada hari ini agar setiap asesor, panitia teknis dan sekretariat mempunyai improvement skill atau peningkatan keterampilan kemampuannya masing-masing, Drs. Suprapto juga mengatakan bahwa masalah lain yang sering dihadapi oleh KAN adalah seiring dengan berjalannya proses akreditasi adalah jumlah pemohonnya semakin lama semakin banyak, sedangkan jumlah asesor KAN konstan, selain itu proses akreditasi banyak dikeluhkan oleh regulator mengenai jangka waktu pelaksanaan proses akreditasi yang dianggap lama, untuk mengatasi hal tersebut, salah satu tujuan yang diharapkan akan dicapai dalam workshop kali ini adalah bagaimana penetapan proses akreditasi diupayakan bisa selesai dalam jangka waktu enam bulan. Hal tersebut tidak lepas dari materi yang akan diberikan dalam workshop kali ini sehingga peserta asesor bisa lebih memahami bagaimana SNI ISO/IEC 17021:2001 sebagai salah satu materinya bisa dipahami akan praktek teknisnya.

Diakhir pertemuan Drs. Suprapto mengatakan bahwa disetiap akhir pertemuan workshop dalm sehari yang berlangsung selama tiga hari ini akan ada evaluasi mengenai materi yang sudah diberikan dan diharapkan tercapai hasil positif sehingga KAN bisa melakukan penugasan kepada para asesor yang baru saja diberikan pelatihan tanpa ragu karena sudah memahami bagaimana alur dan proses akreditasi itu berjalan sesuai dengan yang telah diberikan dalam workshop. Selanjutnya workshop dibagi menjadi dua ruangan sendiri menurut akreditasi sertifikasinya yaitu sistem manajemen mutu dan produk.

Seperti diketahui bahwa prinsip akreditasi adalah independen, tidak memihak, kompeten dan transparan. bahwa selama masa berlakunya akreditasi, KAN melakukan kunjungan pengawasan (surveilen) guna membuktikan konsistensi LPK dan Pelaku Usaha dalam menerapkan sistem manajemen mutu. Setelah presentasi dari Sekjen KAN, acara workshop dilanjutkan dengan pretest guna mengetahui sejauhmana kemampuan peserta sebelum memperoleh materi workshop. Melalui workshop asesor ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kompetensinya dengan mencerna dan mendalami persyaratan-persyaratan internasional yang telah diadopsi secara nasional yang merupakan landasan asesor. (adp)

Anda harus masuk log untuk mengirim komentar.
5 visitors online now
5 guests, 0 members
Max visitors today: 16 at 06:35 am UTC
This month: 41 at 10-01-2014 03:37 am UTC
This year: 114 at 02-21-2014 05:58 am UTC
All time: 114 at 02-21-2014 05:58 am UTC