Beranda > News > Pentingnya Laboratorium Terakreditasi untuk Menjaga Kualitas Aspal

Pentingnya Laboratorium Terakreditasi untuk Menjaga Kualitas Aspal

Infrastruktur jalan sangat penting dalam pembangunan. Kualitas jalan bergantung pada kualitas aspal. Untuk menjaga kualitas aspal, maka perlu ada laboratorium yang kredibel. Demikian disampaikan oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN), Dr. Bambang Setiadi saat menyerahkan  Sertifikat Akreditasi SNI ISO/IEC 17025 kepada Laboratorium Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V Sidoarjo pada Jum’at (25/11/2011) di Sidoarjo, Jawa Timur.

Sertifikat Akreditasi SNI ISO/IEC 17025 diserahkan secara langsung oleh Dr. Bambang Setiadi kepada Kepala BBPJN V Sidoarjo, A.G. Ismail di hadapan jajaran Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional di Indonesia, juga para SATKER, PPK, serta SKPD-TP Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DIY.

Menurut Dr. Bambang, acara penyerahan sertifikat akreditasi bukanlah suatu peristiwa biasa, karena proses untuk memperoleh sertifikat akreditasi cukup panjang serta butuh kerja keras dan komitmen yang tinggi. Laboratorium perlu diakreditasi untuk memastikan kompetensinya  berdasarkan SNI ISO/IEC 17025. KAN adalah lembaga yang diakui oleh Asia Pasific Laboratory AccreditationCooperation (APLAC) dan International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC). Ini artinya, hasil uji laboratorium yang telah diakreditasi oleh KAN diakui oleh negara-negara anggota APLAC dan ILAC.

BBPJN V diakreditasi oleh KAN sebagai laboratorium penguji dengan nomor akreditasi LP-539-IDN. Akreditasi oleh KAN diberikan sejak tanggal 29 September 2011, dengan lingkup pengujian untuk agregat kasar, agregat halus dan aspal keras.

BBPJN V Sidoarjo ini merupakan Laboratorium ke-2 yang telah terakreditasi untuk seluruh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional di Indonesia setelah BBPJN IV Cikampek.

Dengan telah diakreditasinya laboratorium Pelaksanaan Jalan Nasional maka hasil uji Laboratorium BBPJN V Sidoarjo diakui secara internasional. Selain itu laboratorium siap untuk  mengimplementasikan peraturan perundangan di bidang pelaksanaan jalan nasional.(arf)

Anda harus masuk log untuk mengirim komentar.
10 visitors online now
10 guests, 0 members
Max visitors today: 14 at 05:09 am UTC
This month: 35 at 08-20-2014 02:34 am UTC
This year: 114 at 02-21-2014 05:58 am UTC
All time: 114 at 02-21-2014 05:58 am UTC