Beranda > News > KAN selenggarakan Pertemuan Teknis Lembaga Penilaian Kesesuaian :

KAN selenggarakan Pertemuan Teknis Lembaga Penilaian Kesesuaian :

19/10/2011
Dalam rangka meningkatkan kepercayaan global melalui penilaian kesesuaian yang transparan  serta kerjasama saling pengakuan penilaian kesesuaian yang terpercaya dan dilakukan dengan baik secara bilateral, regional maupun internasional berlandaskan prinsip kompeten, impartiality dan transparansi, KAN menyelenggarakan Pertemuan Teknis Stakeholder Penilaian Kesesuaian. Transparansi dalam sistem penilaian kesesuaian dinyatakan dalam perjanjian WTO baik terkait Technical Barrier to Trade (TBT) maupun Sanitary Phitosanitary (SPS) yang mengikat negara-negara anggota untuk melaksanakan proses penilaian kesesuaian secara transparan sebagai upaya mewujudkan persaingan usaha yang sehat.

Pertemuan Teknis Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) yang bertema “Transparansi Penilaian Kesesuaian dalam Menciptakan Kepercayaan Global” ini dilaksanakan di Ruang Bisma –Krisna, Hotel Bidakara – Jakarta, pada Rabu (19/10/2011). Pertemuan teknis LPK ini diikuti oleh kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari perwakilan regulator antara lain, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, KEmenterian Pendidikan Nasional, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Koperasi dan UKM, Badan POM, ALSI, Pimpinan Lembaga Sertifikasi, KAN Council, Asesor/Tenaga Ahli KAN, perusahaan/organisasi/industry, panitia teknis akreditasi lembaga sertifikasi, tim pengembangan skema akreditasi, KADIN serta MASTAN.
Di Indonesia, 4.532 organisasi telah mencapai sertifikasi SNI ISO seri 9000. Angka ini menunjukkan implikasi luar biasa pada perilaku organisasi dalam mengelola bisnis mereka dan kontribusi mereka dalam melindungi sumber daya alam dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu sangat penting untuk mengambil tindakan yang optimal untuk meningkatkan kredibilitas dan nilai sistem manajemen sertifikasi oleh seluruh pemangku kepentingan terutama yang terkait dengan penilaian kesesuaian, papar Ketua KAN, DR. Bambang Setiadi saat membuka acara Pertemuan Teknis LPK ini. Lebih lanjut terdapat beberapa keluhan seperti regulator pelaksanaan tender program pemerintah yang melakukan permintaan validitas sertifikasi ke KAN semakin meningkat (menggunakan sertifikat palsu atau disertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi dengan tidak dilakukan audit). Selain itu juga terdapat kasus penerbitan sertifikat  tanpa dilakukan audit oleh lembaga sertifikasi  (keluhan yang berasal dari masyarakat), ungkap DR. Bambang.

Acara dilanjutkan sesi diskusi panel pertama dengan moderator Ketua ALSI, Ir. Arief Safari, MBA. Pada diskusi panel ini menghadirkan empat orang pembicara yakni Deputi Standardisasi dan Perlindungan Konsumen – Kementerian Perdagangan, Sofyan R yang membahas tentang Ketentuan Regional dan Internasional Tentang Transparansi Dalam Penilaian Kesesuaian Guna Memfasilitasi Perdagangan Global, Deputi Bidang Pelayanan Publik – Kementerian PAN dan RB, Wiharto yang membahas tentang Kebijakan Mekanisme Transparansi Pelayanan Publik: Perspektif UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik – Kementerian Kominfo, Ismail Cawidu yang memaparkan tentang Kebijakan Pemerintah Mengenaik Keterbukaan dan Informasi Publik: Tanggung Jawab Bersama Untuk Pemenuhan Hak Publik, serta Anggota KAN, Ir. Basoeki, MM yang mengulas tentang Transparansi Penilaian Kesesuaian Dalam Perspektif KAN.

Selesai Ishoma, acara dilanjutkan dengan paparan tentang Perumusan Mekanisme Transparansi Informasi Penilaian Kesesuaian oleh Direktur Akreditasi Lembaga Sertifikasi, Dra. Zakiyah, MM. Diskusi pada pertemuan ini diakhiri dengan pembahasan tentang Pembentukan Forum Komunikasi Penilaian Kesesuaian oleh Anggota KAN, Ir. Aditya Nugroho, MBA. Pertemuan teknis kali ini ditutup oleh perwakilan KAN Council, Ir. Basoeki, MM. Melalui pertemuan ini diharapkan dapat memberikan output seperti rekomendasi peran kelembagaan penilaian kesesuaian yang transparan untuk terciptanya kepercayaan global, tersusunnya mekanisme transparansi informasi penilaian kesesuaian, serta terbentuknya forum stakeholder penilaian kesesuaian (yuk)

Komentar ditutup
11 visitors online now
11 guests, 0 members
Max visitors today: 29 at 04:31 am UTC
This month: 35 at 08-20-2014 02:34 am UTC
This year: 114 at 02-21-2014 05:58 am UTC
All time: 114 at 02-21-2014 05:58 am UTC